Sunday, September 10, 2006

Sushi ala Mbak Rini


Tahun 2003-2004 saat mbak Rini masih di Hamburg, dia sering sekali membuat sushi seperti ini. Gampang, murah dan enak... katanya. Hampir semua teman-teman DAAD saat itu menyukainya, karena rasanya sesuai ama lidah orang Indonesia, tidak terlalu kuat rasa sushi Jepang-nya hehe... Kami juluki Sushi Jawa, karena dari ketan bukan beras Jepang. Sayangnya... saya baru belajar membuatnya awal tahun 2006 ini, saat mbak Rini kembali ke Hamburg untuk postdoc. Hmm tak ada kata terlambat ya....
Coba bikin yuk... dikit aja dulu.

Bahan :

200 gr beras ketan
250ml santan
garam secukupnya
Krebs... hmm ikan dan kepiting yang sudah jadi.
kulit sushi dari agar-agar

Cara membuatnya :

Masak ketan dalam rice cooker biasa bersama santan. Setelah panas dan santan kelihatan mulai mendidih, sebentar-sebentar diaduk agar rata santan dan ketan. Tambahkan garam. Masak sampai matang. Jika rice cooker off... buka, aduk lagi. Cicipi jika ketan kurang matang, tambahkan air/santan sedikit dan masak lagi, sampai matang.

Saat ketan masih panas, ratakan di atas kulit agar-agar. Sebaiknya tidak terlalu tebal, dan hanya 3/4 dari panjang kulit. Letakkan ikan isi sushi diujung dan gulung hingga ke ujung lainnya yang tidak ada ketan lagi. Agak tekan agar padat.

Resep di atas dapat 2,5 - 3 gulung sushi. Setelah dingin dapat dipotong-potong kecil dengan tebal sesuai selera.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home